Tour Guide Pariwisata Toba di Siapkan

 

TOBA, Pemandu wisata/Pramuwisata atau kerap disebut tour guide merupakan profesi di bidang pariwisata. Pemandu wisata bertanggung jawab mendampingi wisatawan dan memberikan petunjuk serta bimbingan kepada wisatawan. Untuk menjadi pemandu wisata dibutuhkan keseriusan untuk belajar dan terus belajar, mengasah kemampuan, memiliki wawasan yang dalam dan luas serta memiliki kemampuan berbahasa asing, sehingga mampu menjadi pemandu wisata yang handal.
 
 
Untuk mempersiapkan SDM Pemandu Wisata yang handal dan profesional, maka Pemerintah Kabupaten Toba melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Toba telah menggelar Pelatihan Pemandu Wisata Cagar Budaya dan Museum, yang dilaksanakan selama 3 hari (14-16 September 2020) di Hotel Serenauli Laguboti, dan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Toba Drs. Audi Murphy O. Sitorus, SH, M.Si. 

Peserta pelatihan yang meliputi elemen masyarakat, pelaku wisata, komunitas seni dan budaya dan pengelola museum sebanyak 40 orang mendapatkan materi pelatihan yang padat dan menarik selama 2 hari di hotel serenauli oleh para narasumber dari Stakeholder dan Praktisi, antara lain:
Audi Murphy Sitorus (Sekdakab Toba), Jhon Piter Silalahi (Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Toba), Nelson Lumbantoruan (Divisi SDM Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT), dan Ombang Siboro (Praktisi/Pelaku Pariwisata) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Toba Jhon Piter Silalahi menyampaikan bahwa di Kabupaten Toba terdapat 117 titik cagar budaya yang sudah tercatat, dan selanjutnya akan dilakukan penelitian lebih mendalam oleh ahli cagar budaya, untuk menetapkannya menjadi cagar budaya resmi yang nantinya siap jual bagi wisatawan. 
 
Site Visit dilakukan di hari ketiga dengan mengunjungi Museum TB Silalahi Center, dan dilanjutkan dengan mengunjungi situs bersejarah Makam Pahlawan Raja Sisingamangaraja XII, Makam Misionaris IL Nommensen dan situs Mual Sirambe, dengan dipandu oleh Instruktur berpengalaman Ibu Tetty Naibaho sebagai penggiat budaya dan pelaku pariwisata.
 
Patar Silalahi sebagai Kepala Bidang Pelestarian Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Toba berharap melalui pelatihan ini akan melahirkan para pemandu wisata yang kompeten, yang bersertifikasi dan siap bersaing di era teknologi saat ini.kominfo
 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.