Kemenko Marves Dukung Pengembangan DPSP Danau Toba

 Dalam rangka mendukung pencapaian pembangunan nasional di bidang pariwisata, khususnya di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba, maka pada Kamis (11/11/2021) Asisten Deputi (Asdep) Sumber Daya Manusia Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) menghadiri Rapat Sosialisasi Inisiasi Kerja Sama Daerah dalam Bidang Kepariwisataan untuk Mendukung DPSP Danau Toba. 

Parapat Danau Toba./foto Danau Toba Centre
 
Menjadi narasumber rapat, Asdep Hermin Esti Setyowati menuturkan terima kasihnya karena telah diundang. “Acara ini menjadi penting untuk menunjang keperluan sosialisasi inisiasi kerja sama daerah bagi kabupaten/kota di wilayah Sumatera Utara,” sebutnya.

Sebagai informasi, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara pada tahun 2020 sebanyak 44.285 orang. Meskipun berkurang dibandingkan sebelum masa pandemi, tetapi kondisinya semakin membaik dari waktu ke waktu, terlebih dengan dijadikannya Danau Toba sebagai DPSP dan peningkatan aksesnya.

Berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Sumatera Utara tahun 2019-2023, telah dirumuskan delapan prioritas pembangunan (dari yang sebelumnya hanya lima). Salah satu prioritas pembangunan yang dimaksud adalah peningkatan daya saing melalui sektor pariwisata. Oleh karena itu, salah satu isu dari pengembangan pariwisata di Provinsi Sumatera Utara adalah terkait sumber daya manusia. “Kita perlu bersama-sama menentukan cara melakukan perubahan bagi SDM tersebut, misalnya dengan diadakan pendampingan atau pelatihan bagi mereka,” ungkap

Diinformasikan oleh Kepala Biro Otonomi Daerah dan Kerja Sama bahwa berdasarkan UUD 1945 Pasal 18 Ayat 2, pemerintah daerah diberikan kewenangan untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan berdasarkan atas asas otonomi dan tugas pembantuan. Hal ini termasuk terkait rangka peningkatan daya saing, pemenuhan pelayanan publik, dan kesejahteraan masyarakat

Seluruh pihak pun sepakat agar saling bekerja sama dan berkolaborasi dalam pengembangan kepariwisataan di DPSP Danau Toba. Menegaskan, Kepala Bidang Riset dan Pendidikan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengungkapkan sinergi, integrasi, dan kolaborasi antarkementerian/Lembaga dalam rangka percepatan pembangunan di sector pariwisata. Dalam hal ini, Kemenko Marves akan melakukan koordinasi dan sinkronisasi bersama dalam pengembangan DPSP Danau Toba.

Pada masa mendatang, akan dilakukan pemetaan potensi kerja sama daerah termasuk di bidang pariwisata sebagaimana amanat Permendagri Nomor 22 Tahun 2020 tentang Kerja Sama Daerah dengan Daerah dan Kerja Sama Daerah dengan Pihak Ketiga.

Rapat tersebut turut dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat, Deputi Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara, perwakilan dari Kepala Balai Wilayah Sungai Kementerian PUPR, BPODT, PLN, KPU, perwakilan dari Bappeda, Bagian Pemerintahan, serta OPD terkait yang berada di 33 Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Utara.t/maritim

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.