Selain Danau Toba, Inilah 4 Rekomendasi Destinasi Wisata Alam di Sumatera Utara

Samosir, Danau Toba merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian utara Pulau Sumatra. Provinsi ini beribu kota di Kota Medan, dengan luas wilayah 72.981,23 km2. 

Bukit Siadtaratas di Desa Paropo, Kecamatan Silahi Sabungan, Dairi, Sumatra Utara
Sumatera Utara merupakan provinsi dengan jumlah penduduk terbesar keempat di Indonesia, setelah provinsi Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah, dan terbanyak di Pulau Sumatra.

Sumatera Utara memiliki beragam destinasi wisata yang populer dan menjadi tujuan favorit para pelancong. Salah satunya Danau Toba.

Danau Toba merupakan danau alami berukuran besar di Indonesia yang berada di kaldera gunung supervulkan. Danau ini memiliki panjang 100 kilometer (62 mil), lebar 30 kilometer (19 mi), dan kedalaman 508 meter (1.667 ft).

Danau ini terletak di tengah pulau Sumatera bagian utara dengan ketinggian permukaan sekitar 900 meter (2.953 ft). Danau ini membentang dari 2.88°N 98.52°E sampai 2.35°N 99.1°E. Danau Toba merupakan adalah danau terbesar di Indonesia sekaligus danau vulkanik terbesar di dunia.

Selain Danau Toba, ada juga beberapa destinasi yang sayang dilewatkan begitu saja jika Anda mengunjungi Sumatera Utara. Inilah 4 destinasi wisata air di Sumatera Utara yang populer seperti dikutip dari Akurat.co:

   1.  Air Terjun Dua Warna

Berada di Bandar Baru, Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, wisata air terjun dua warna bisa menjadi destinasi yang tepat saat berlibur. Pemandangannya yang menyegarkan mata ini tentu bisa menjadi spot foto yang Instagramable. Belum lagi, wisatawan juga bisa bermain di sekitar air terjun.

Tidak hanya itu, tempat wisata dengan tiket masuk seharga Rp25 ribu ini memiliki keistimewaan lainnya. Selain dengan pesona air dua warna, yakni biru dan hijau, kedua air tersebut juga menghadirkan sensasi yang berbeda. Air terjun dengan warna biru berhawa dingin, sedangkan air berwarna hijau memberikan hawa yang hangat. Seru banget kan?

   2.  Sipisopiso

Suara percikan air terjun sering kali menjadi penyejuk di kala penat dari beragam kegiatan. Kesejukan ini bisa didapat saat berkunjung ke Sipisopiso yang merupakan wisata alam air terjun dengan ketinggian 120 meter.

Asrinya wisata air terjun ini semakin ciamik dengan pemandangan bukit dan pepohonan di sekitar. Destinasi wisata yang terletak di Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo ini tidak jauh dari Danau Toba. Untuk menikmati pesona alam Sipisopiso, wisatawan dikenakan tiket dengan harga sekitar Rp5.000.  

    3. Danau Linting

Panorama air danau yang jernih dengan suasana asri tentu menjadi destinasi wisata yang tepat untuk menyegarkan mata. Hal tersebut dapat Anda temukan saat berkunjung ke Danau Linting yang terletak di Kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hulu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Selain menyejukkan, pemandangan ini juga bisa menjadi spot foto yang Instagramable.

Pesona Danau Linting terletak pada warna air danau yang dapat berubah. Belum lagi, air panas di danau yang bersumber dari retakan vulkanik, di mana akan menghasilkan warna biru, kehijauan, atau tosca. Asyiknya, pengunjung juga dapat merasakan air hangat dengan berenang di tepian danau. Untuk menikmati keindahan alam di Danau Linting, wisatawan cukup membayar tiket sekitar Rp10 ribu saja.

    4. Geosite Sipinsur

Tidak jauh dari Danau Toba, Geosite Sipinsur yang terletak di Parulohan, Kecamatan Paranginan, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara ini menjadi salah satu destinasi wisata dengan keindahan alam paket lengkap. Pasalnya dengan harga tiket yang berkisar Rp5.000, para pengunjung bisa menikmati pemandangan alam berupa hutan, bukit, dan Danau Toba.

Selain keindahan alamnya yang menyegarkan mata, udara yang sejuk dan suasana damai dikelilingi oleh hutan pinus membuat wisatawan semakin nyaman. Tak heran, jika Geosite Sipinsur ini tak pernah sepi dari wisatawan.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.