Air Terjun Efrata Samosir: Daya Tarik, Tiket, Rute, Wisata Terdekat

Samosir, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, tak cuma memiliki Danau Toba sebagai objek wisata. Ada objek wisata lainnya, yaitu Air Terjun Efrata di barat Danau Toba yang menakjubkan.

Air terjun ini menjadi salah satu wisata unggulan di Kabupaten Samosir. Jika kamu ingin berwisata ke Danau Toba, air terjun ini wajib kamu kunjungi. Simak informasi mengenai daya tarik, harga tiket, hingga rutenya dalam artikel ini.

Air Terjun Efrata Samosir KLIK VIDIONYA 

Daya Tarik Air Terjun Efrata

Air Terjun Efrata memiliki sejumlah daya tarik, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Tingginya 25 Meter

Dilansir dari buku Eksotika Toba (2020) Ima Hardiman, ketinggian Air Terjun Efrata ini mencapai 25 meter dan lebarnya sekitar 10 meter. Ketinggian ini membuat air terjun menarik untuk dijadikan latar belakang foto.

Sumber air berasal dari Pegunungan Bukit Barisan. Air mengalir cukup deras di air terjun, dan semakin deras ketika musim hujan. Jadi, kamu perlu berhati-hati jika mendekat air terjun.

Berdasarkan beberapa ulasan Google Maps, air terjun ini kurang cocok untuk mandi karena aliran air di bawahnya agak keruh.

2. Pemandangan Danau Toba

Untuk mencapai air terjun ini, kamu harus melintasi jalan naik ke perbukitan. Selama perjalanan, kamu bisa menyaksikan pemandangan Danau Toba dari atas.

Namun jangan berhenti sembarangan di jalan untuk berfoto-foto biar tidak mengganggu lalu lintas.

3. Udara Sejuk

Udara di kawasan Air Terjun Efrata sejuk dan cenderung dingin. Ditambah lagi jika kamu bermain air, mungkin akan semakin terasa dingin. Pepohonan lebat di kawasan tersebut membuat udara semakin terasa sejuk dan menyegarkan pikiran.

4. Fasilitas

Sebagai wisata unggulan, Air Terjun Efrata sudah termasuk memiliki fasilitas yang lengkap. Beberapa fasilitasnya antara lain:

Tempat parkir luas

Toilet

Mushola

Warung

Gazebo

Harga Tiket Air Terjun Efrata

Dilansir dari laman Pemkab Samosir, harga tiket masuk Air Terjun Efrata sebesar Rp 7 ribu per orang. Selain itu, pengunjung harus membayar beberapa biaya lain, antara lain:

Parkir Rp 2.000/motor dan Rp 5.000/mobil

Toilet Rp 2.000

Sewa gazebo Rp 20.000

Lokasi dan Rute Air Terjun Efrata

Lokasi Air Terjun Efrata berada di Desa Sosor Dolok, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Sumut. Letaknya 23 km dari pusat kota Samosir atau ditempuh sekitar 45 menit. Jika dari Bandara Silangit, jarak tempuhnya sekitar 78 km atau sekitar 1 jam 50 menit

Dari Jalan Dolok Sanggul-Sidikalang menuju Desa Sosor Dolok, kamu akan melintasi jalan menanjak dan tidak lebar, hanya cukup untuk dua mobil, sehingga harus hati-hati.

Tiba di parkiran, kamu harus jalan kaki lagi sekitar 150 meter untuk sampai ke air terjun.

Objek Wisata Terdekat

Jika berwisata ke Air Terjun Efrata, kamu bisa sekalian mampir ke beberapa objek wisata di sekitarnya. Beberapa objek wisata tersebut, antara lain:

1. Bukit Holbung

Bukit Holbung hanya berjarak sekitar 9 km dari Air Terjun Efrata atau ditempuh sekitar 20 menit. Di atas bukit, kamu bisa menyaksikan keindahan Danau Toba yang sangat luas. Saat sunset atau sunrise, pemandangan di sini semakin menarik.

2. Danau Toba/Pulau Samosir

Tentu kurang lengkap jika kamu tidak mendekat ke Danau Toba dan bermain air danau. Kamu bisa menikmati Danau Toba dari manapun, salah satunya di Aek Rangat. Kamu juga bisa menyeberang ke Pulau Samosir melewati Jembatan Aek Tano Ponggol Samosir.

3. Danau Sidihoni

Setelah masuk ke Pulau Samosir, kamu bisa menikmati Danau Sidihoni. Danau kecil ini unik karena berada di Pulau Samosir. Pulau Samosir sendiri berada di tengah Danau Toba.

Demikian tadi informasi mengenai Air Terjun Efrata, mulai dari daya tarik wisata, fasilitas, harga tiket masuk dan biaya, lokasi dan rute, hingga objek wisata terdekatnya. Jika ke Danau Toba, jangan lupa mampir ke Air Terjun Efrata ya. (detik/t)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.