Pulau Sibandang, Pulau Cantik yang Dikelilingi Birunya Air Danau Toba di Tapanuli Utara

Danautobacentre.com Pulau Sibandang adal ah sebuah pulau cantik yang dikelilingi oleh birunya air Danau Toba. Pemandangan di lokasi sangat indah dan mengagumkan.

Danau Toba memiliki keindahan tersendiri yang membuat banyak orang kepincut untuk singgah kesana. Salah satunya adalah keberadaan Pulau Sibandang. Banyak yang menyebut pulau ini sebagai surga tersembunyi dari tengah Danau Toba. Ini merupakan sebuah pulau kecil di balik birunya air Danau Toba.

Luas pulau ini sebetulnya hanya 461 hektar. Namun, dengan lahan seluas itu pulau ini sudah memiliki keindahan yang benar-benar mengagumkan. Pemandangannya sangatlah indah. Bahkan, wisatawan bisa melihat keindahan pemandangan 360 derajat ketika berada di puncak pulau pada ketinggian 910 mdpl.

Bayangkan betapa menakjubkannya berada di tengah pulau yang dikelilingi dengan birunya air Danau Toba, pulau-pulau kecil serta daratan lainnya. Wisatawan juga bisa mendengar kicauan merdu dari burung-burung yang seakan-akan mampu membuat pemandangan alam di sekitaran tempat wisata bak surga dunia.

Ketika berkunjung ke Danau Toba, jangan sampai melewatkan kunjungan juga ke surga tersembunyi yang ada di tengah danau. Namanya adalah Pulau Sibandang Danau Toba. Jadi, bukan hanya Pulau Samosir saja yang berada di tengah danau melainkan juga ada pulau cantik ini yang dikelilingi oleh birunya air danau. Pulau ini memiliki beberapa daya tarik istimewa.

Menikmati Jalur Wisata yang Indah

Jalur wisata di pulau ini sangatlah indah. Pada hakikatnya pulau ini ditopang oleh potensi alam yang luar biasa sehingga membuatnya mampu mempunyai karakter unik. Ada garis pertemuan antara perairan serta daratan yang berupa bebatuan cantik non pasir. Hal ini menciptakan pemandangan yang istimewa.

Selain itu, pantainya berhadapan dengan Sigaol, Tarabunga, Muara, Pulau Samosir hingga Dolok Tolong Toba Samosir. Jadi, siapa saja yang berkunjung kemari pasti akan memperoleh pemandangan indah. Jangan sampai terlewat untuk mengabadikannya melalui lensa kamera.

Lokasi Tenun Kain Ulos

Di pulau ini semua wisatawan juga bisa melihat parade seni dan budaya yang khas dari wilayah Sumatera Utara. Salah satunya adalah mengintip pembuatan Ulos Harungguan di pulau ini. Menariknya, kain ulos yang dibuat di pulau ini masih menggunakan cara tradisional. Tentu cukup berbeda sekaligus masih terjaga sekali kelestariannya.

Pembuatan kain ulos secara tradisional tersebut dimulai dari pengolahan bahan kapas, pembuatan hingga pewarnaan benang. Bahkan, termasuk dengan pembuatan beragam motif kain ulos pun masih dilakukan secara tradisional. Adapun kain ulos yang dibuat disini dikhususkan bagi para raja.

Tempat Ritual Kuno Hoda-Hoda

Bukan hanya bisa menyaksikan pembuatan kain ulos untuk para raja saja. Akan tetapi, di Pulau Sibandang ini para wisatawan juga bisa menyaksikan ritual kuno masyarakat Sumatera Utara yang bernama Hoda-Hoda. Ini merupakan semacam ritual kuno yang dipadukan dengan sebuah tarian khas yakni Tarian Monsak.

Tarian ini mengkombinasikan antara ilmu bela diri silat dan tarian dari Tanah Batak. Selain bisa menikmati suguhan ritual Hoda-Hoda, para wisatawan juga bisa melihat Tari Tortor dan ikut serta juga manortor. Kemudian, wisatawan juga diperbolehkan untuk belajar membuat sampan khas Danau Toba. Luar biasa sekali, bukan?

Suguhan Sejarah Batak yang Istimewa

Daya tarik wisata lain dari Pulau Sibandang Muara ini adalah masih kental dengan sejarah batak yang istimewa. Pulau yang memiliki luas sekitar 461 hektar ini mempunyai berbagai peninggalan sejarah yang bisa dilihat hingga saat ini. Namanya adalah Rumah Kepala Nagari Rajagukguk.

Di samping itu, masih banyak peninggalan sejarah yang bisa ditelisik oleh para wisatawan. Misalnya, Makam Raja Sorta Uluan yang diyakini merupakan raja dari pulau ini. Kawasannya berada di puncak bukit. Kemudian, juga ada Partukkoan merupakan kursi batu yang menjadi tempat para raja terdahulu melakukan kegiatan musyawarah untuk menemukan mufakat.

 Pulau Mangga

Para wisatawan harus tahu bahwa pulau ini juga dikenal sebagai Pulau Mangga. Dengan adanya tanah yang subur, pulau ini menjadi surga dari budidaya pertanian. Hal ini menyebabkan agrowisata di pulau ini pun berkembang dengan sangat pesat. Salah satu produk pertanian yang populer adalah mangga.

Buah ini dihasilkan dari tiga desa. Mulai dari Papande, Sampuran hingga Sibandang. Di samping buah mangga yang manis dan bercita rasa lezat, pulau ini juga menjadi sentra penghasil berbagai tanaman pertanian dan perkebunan lainnya. Misalnya, kemiri, kakao hingga kopi.

Pulau Sibandang merupakan salah satu destinasi wajib dikunjungi ketika berada di Sumatera Utara. Tempanya ada di tengah Danau Toba tepatnya di Kecamatan Muara, Tapanuli Utara. Untuk sampai ke wisata hits ini, sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi agar aksesnya bisa lebih mudah.

Apabila wisatawan mengambil titik keberangkatan dari Sibolga, maka harus menempuh perjalanan yang lumayan jauh. Dari Sibolga wisatawan harus melalui Adiankoting, Tarutung, Situmeang, Siborongborong dan sampai ke pulau ini. Jangan lupa untuk membawa cukup perbekalan agar bisa tetap nyaman selama di perjalanan.

Namun, jika wisatawan mengambil titik keberangkatan dari pusat Kota Medan, maka jarak yang ditempuh bisa lebih lama lagi jika dibandingkan dari Sibolga. Dari Kota Medan wisatawan bisa melewati Tanjungmorawa, Bangunpurbanih, Tebing Tinggi, Pematang Siantar, Simpangraja, Sarimatondang, Parapat, Porsea dan sampai ke pulau ini.

Biaya Wisata ke Pulau

Sibandang merupakan sebuah pulau kecil yang dikelilingi oleh birunya air Danau Toba. Penghuni pulau ini saja hanya sekitar Rp 2.000 per orang. Suasana pulau ini pun sangat tenang dan pastinya meneduhkan hati. Untuk bisa berwisata ke pulau ini setidaknya wisatawan harus menyiapkan dana ongkos yang murah yaitu hanya Rp 5.000 saja per orang.

Ini merupakan biaya kapal angkutan penyeberangan kayu yang bersandar di pelabuhan. Kapal tradisional ini dapat mengangkut penumpang hingga sepeda motor sekaligus. Dengan biaya yang terjangkau ini, tentu wisatawan bisa merasa puas untuk bersenang-senang keliling pulau penuh sejarah ini.

Aktivitas Menarik Pulau Sibandang

Ada banyak sekali aktivitas menarik yang bisa dilakukan di pulau ini. Tentunya beragam aktivitas ini akan memberi pengalaman liburan yang menyenangkan di pulau ini. Pastinya wisatawan pun ingin mengulang kembali momen liburan di pulau ini. Beberapa aktivitas tersebut, di antaranya:

1. Berfoto Bersama

Dengan pemandangan alam sekitar pulau yang sangat indah tentu bisa menjadi opsi background foto mengagumkan. Apalagi ketika di puncak bukit. Seakan-akan wisatawan bisa melihat pemandangan 360 derajat yang sangat indah. Bayangkan ketika kemari bersama orang tercinta. Pasti terasa sangat menyenangkan.

2. Melihat Pembuatan Kain Ulos

Kain ulos merupakan kain khas dari Sumatera Utara. Nah, bagi wisatawan yang mau melihat pembuatan kain ulos secara tradisional maka bisa langsung singgah ke pulau ini. Menariknya lagi kain ulos disini merupakan kain ulos yang dikhususkan untuk para raja. Tentunya kain ulos disini juga memiliki motif tersendiri.

3. Melihat Tarian Khas Sumatera Utara

Saat berada disini para wisatawan bisa melihat ritual kuno khas Pulau Sibandang bernama Hoda-Hoda. Selain itu, para wisatawan juga bisa melihat tarian khas Sumatera Utara yakni Tari Tor-Tor sekaligus bisa ikut meramaikannya. Menyaksikan keunikan tersebut tentu memberi keseruan, bukan?

Fasilitas Wisata yang Tersedia

Pada hakikatnya Sibandang merupakan sebuah pulau yang berpenghuni. Jumlah penduduknya saja sudah mencapai ribuan. Maka dari itu, untuk persoalan fasilitas sudah tidak perlu dikhawatirkan lagi. Banyak rumah-rumah penduduk yang menyediakan penginapan. Tidak sulit juga menemukan warung makan maupun toko oleh-oleh lainnya.

Pulau Sibandang menjadi salah satu pulau eksotis nan indah yang dikelilingi oleh birunya air Danau Toba. Siapapun yang kemari tentu akan sangat merasa senang dan puas melihat keindahan wisata pulau ini. Pastikan untuk kemari bersama orang tercinta sehingga dapat menjadi pengalaman liburan yang sangat menyenangkan. (andalastourism.com/t)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.