Menikmati Keindahan Air Terjun Turunan Buhit Simalungun yang Masih Tersembunyi

Simalungun,  Berada di Nagori Bayu Bagasan Kecamatan Hatonduhan Kabupaten Simalungun, Air Terjun Turunan Buhit atau biasa disebut Jabel menyimpan pesona yang tak kalah menakjubkan.

Dikelilingi oleh tebing-tebing bebatuan yang kokoh, aliran air terjun yang mengaliri di sela-sela bebatuan.

Air Terjun Turunan Buhit Simalungun/ist
Terjunan utama air terjun ini berasal dari aliran sungai dan beberapa mata air yang langsung muncul dari dalam tanah, memberikan pengalaman menyegarkan dengan air yang sangat sejuk.

Daerah ini ditutupi oleh hutan lebat yang menaungi air terjun dari puncak bukit. Ketika matahari terbit di pagi hari, kabut tipis yang terbentuk memberikan pemandangan yang memukau.

Akses menuju air terjun ini sangat mudah dengan menuju Tanah Jawa lebih dulu baru ke Hatonduhan. Selanjutnya  menuju Nagori Bayu Bagasan. Seterusnya memasuki area perkebunan kelapa sawit milik PTPN IV.

 Karena memang letaknya di antara perkebunan PTPN dan warga. Air terjun ini sempat mendapatkan penataan dengan perbaikan akses, dengan beberapa unit gazebo, area parkir, toilet, lapak jualan.

Sayangnya, kurangnya perawatan menyebabkan sejumlah fasilitas di lokasi ini tidak lagi layak digunakan.

Semoga kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan aset destinasi wisata ini dapat ditingkatkan agar upaya pemerintah untuk membuka peluang usaha bagi masyarakat sekitar tidak sia sia.

Jangan biarkan keindahan tersembunyi ini terabaikan. Air Terjun Turunan Buhit siap menanti kalian yang ingin menikmati keindahan air terjun tanpa perlu terganggu oleh keramaian pengunjung. (mistar/t)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.