Alkitab Langka 4.000 Halaman Ditulis Tangan Seorang Sintua

PARLILITAN, Desa ini tiba-tiba saja dihiasi seratusan bunga papan dari berbagai sumber untuk mengungkapkan rasa Belasungkawa atas kepergian seorang tokoh penyalin Alkitab dalam Bahasa Batak Toba St. Tangsiun Tinambunan, Op. Bontor doli (80 tahun) ayahanda, Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Dr. Victor Tinambunan di Desa Siringoringo Jalan Pusuk - Parlilitan, Kabupaten Humbang Hasundutan Sumatera Utara, demikian disampaikan pemilik youtube Palito Namemet memberitahukan meninggalnya orang tua Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Dr. Victor Tinambunan, Rabu (19/1/2022).

LIHAT JUGA Pernikahan BATAK, Lihat Prosesinya

 

 Ende Siahaan ucapkan Duka melalui akun facebooknya

 Demikian juga informasi disampaikan Ende Siahaan melalui akun facebooknya, bahwa "Pada Hari ini, Selasa, 11 Januari 2022 sekitar Pkl. 04.27 subuh; St. Tangsiun Tinambunan (Op.Bontor doli) telah dipanggil Tuhan  kembali ke sisiNya. (Ayahanda dari Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Dr. Victor Tinambunan),"tulisnya.

St. Tangsiun Tinambunan meninggal di RSUD Pekanbaru Baru dan akan dimakamkan di Bonapasogit, Parlilitan kecamatan Parlilitan Kab Humbang Hasundutan. 

Hal duka juga disampaikan Tigor Panuturi Tambunan meninggalnya orangtua Sekjen HKBP yang juga Ketua Umum PGI Sumut Pdt Dr.  Victor Tinambunan.

"Melayat Dan Menghibur Keluarga duka atas meninggalnya St. Tangsiun Tinambunan (Op.Bontor doli) orangtua amang Sekjen HKBP Dan Ketua Umum PGI Sumut Pdt Dr.  Victor Tinambunan ,MST di desa Siringo-ringo Kec. Parlilitan Kab. Humbahas."tulis Tigor di akun facebooknya.


Alm. St. Tangsiun Tinambunan, Op. Bontor doli dan Alkitab tulisan tangannya.

Informasi yang dihimpun LINTAS PUBLIK St. Tangsiun Tinambunan (Op. Bontor doli) semasa hidupnya beliau telah menulis Alkitab dengan sangat rapi dengan tangan sendiri mulai dari Kitab Kejadian sampai dengan kitab Wahyu selama enam tahun.

Hal penulisan atau penyalinan Alkitab ke Bahasa batak Toba sebanyak 4000 halaman yang dilakukan St. Tangsiun Tinambunan ini juga dijelaskan cukup rinci oleh Pdt Dr.Victor Tinambunan di akun facebooknya Viktor Tambunan.

Pdt. Victor Tinambunan menjelaskan, Alkitab yang ditulis orang tuanya St. Tangsiun Tinambunan setebal 4.000 halaman, dan ditulis 212 hari.


Pdt. DR.Viktor Tinambunan menerangkan 4000 Halaman Alkitab Berbahasa Batak yang disalin Orang Tuanya

"Ini ditulisan tangan orang tua saya selama 212 hari, ada empat ribu lebih halaman yang ditulis Alkitab berbahasa batak,"kata Pdt. Viktor Tinambunan, bahwa ketika itu orang tuanya Terjatuh pata tulang, dan operasi dan tinggal dirumah.

"Saat itu orang tua saya sakit (patah tulang), Setelah operasi dia duduk diatas roda, Ketika  itulah dia menulis dengan tangannya sendiri Alkitab berbahasa Batak ini,"ungkapnya, bahwa ada 120 halaman Perjanjian Baru, dan Perjanjian lama Hampir 3.000 halaman.

Sampai berita ini diturunkan belum tahu dimana Alkitab langka itu disimpan, apakah di kantor Pusat HKBP atau di rumah keluarga Alm St. Tangsiun Tinambunan, redaksi masih berusaha menghubungi  Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Dr. Victor Tinambunan.

Simak vidionya "Alkitab" langka: Tulisan Tangan Bibel (Alkitab) Batak Toba


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.