Aek Sipaulak Hosa Cerita Istri Sedang Mengandung, dan Kesaktian Raja Silahi Sabungan

Dairi, Aek Sipaolak Hosa ini artinya adalah Air yang mengembalikan tenaga. Dipercayai oleh masyarakat sekitar dapat menghilangkan rasa lelah.

Aek Sipaulak Hosa legenda Raja Silahisabungan yang dipercaya Sampai saat ini

Aek Sipaulak Hosa merupakan legenda perjalanan Raja Silahisabungan saat sedang melakukan perjalanan dengan istrinya yang sedang mengandung. Sang istri kehausan, lalu  Raja Silahisabungan menancapkan tongkat ke batu, air pun muncul dari batu tersebut.

Kisah-kisah legenda sudah turun temurun, khusunya bagi generasi keturunan Silahi Sabungan (Rumpun Marga Silalahi), Cerita rakyat ini adalah suatu peristiwa yang memberikan kepercayaan bagi keturunannya, bahwa Raja Silalahi Sabungan adalah orang Sakti, dan percaya akan keagungan Tuhan.

Ditempat ini juga tidak bisa sembarangan, bicara harus sopan, demikian juga tidak dibenarkan membawa makanan B1 (Biang/anjing=batak), dan B2 (Babi).

Pengunjung diajak patuhi Aturan di Lokasi Aek Sipaulak Hosa

Cerita Aek Siaulak Hosa

Asal mula terjadi nya Aek Sipaulak Hosa adalah dimana ketika Raja Silahisabungan beserta Isterinya, Boru Padang Batang Hari melakukan perjalanan ke kampung halaman ayah mertua Raja Silahisabungan atau orang tua dari isterinya. 

Pada saat itu Boru Padang Batang Hari sedang mengandung dan mudah lelah. Sampai disuatu tempat diantara pegunungan, Boru Padang Batang Hari mengalami kehausan dan tidak berdaya melanjutkan perjalanan. 

Sehingga Raja Silahisabungan berdoa kepada Tuhan sambil menancapkan tongkatnya kesebuah batu besar yang ada di antara pegunungan, seketika keluarlah air segar dan jernih yang kemudian diminum langsung oleh Boru Padang Batang Hari. 

 

Lokasi Aek SiPaulak Hosa adalah Sakral

Dengan sukacitanya Boru Padang Batang Hari berucap, “ Nungga Mulak Be Hosa ku ” yang artinya sudah kembali nafasku. 

Dari kejadian saat itulah maka tempat tersebut dinamakan Aek Sipaulak Hosa yang berarti air yang mengembalikan nafas atau menghilangkan haus dan dahaga. 

 Aek Sipaulak Hosa berjarak sekitar 5 kilometer dari Tugu Raja Silahisabungan di tepian Danau Toba di Desa Silalahi. 

 Aek Siapulak Hosa tepatnya berada di kawasan Aek Sipaulak Hosa di hutan Lae Pondom Desa Silalahi Kecamatan Silahisabungan Kabupaten Dairi Sumatera Utara.A

Air ini dipercaya memiliki kekuatan untuk mengobati berbagai penyakit. Aek Sipaulak Hosa adalah obat paling mujarab menyembuhkan berbagai penyakit.  Tidak heran pengunjung silih berganti setiap hari, termasuk dari mancanegara.

Nah, bila wisata ke Danau Toba, singgahlah  di Aek Sipaulak Hosa. berbagai sumber/t

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.