Tidak Hanya Samosir, Danau Toba Punya 8 Pulau Lain, Ini Namanya

Samosir, Pulau Samosir adalah pulau yang terkenal karena berada di Danau Toba. Namun ternyata Danau Toba tidak hanya memiliki satu pulau saja, ada 8 (delapan) pulau lainnya.

Memang delapan pulau lain di Danau Toba tidak sebesar Pulau Samosir. Pun, sebagiannya masih tidak berpenghuni. Namun, melupakan keberadaan mereka adalah sebuah kesalahan.

Pusuk Buhit & Dolok Sibeabea, Samosir/foto FB johnny Siahaan
Ya, kesalahan karena selama ini ada anggapan kalau hanya Pulau Samosir yang berada di Danau Toba. Padahal, faktanya ada sembilan pulau dalam danau vukanik terbesar di dunia itu.

Sebagai informasi, secara administrasi pulau-pulau di Danau Toba ini tersebar di Kabupaten Samosir, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Toba, dan Simalungun.

Inilah pulau-pulau seperti dikutip dari switour.com, Rabu (14/6/2023):

1. Pulau Samosir

Pulau Samosir dengan luas 63 ribu hektare adalah daratan terluas yang menutupi sebagian wilayah Danau Toba. Pulau ini masuk dalam lima besar pulau terbesar di dunia yang letaknya di danau. Pada pulau ini juga berada ibukota kabupatem yakni Pangururan.


 2. Pulau Sibandang

Pulau Sibandang adalah pulau kedua terbesar dan memiliki luas sekitar 461 hektare. Pulau ini terdiri dari beberapa desa seperti Parsampuran dan Papande. Sibandang terletak di Muara, Tapanuli Utara, dan merupakan salah satu pulau yang berpenghuni di Danau Toba.

3. Pulau Tao atau Malau

Pulau Tao atau juga disebut Pulau Malau ini berada di Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir. Pulau yang panjang kurang dari 1 kilometer ini banyak ditumbuhi pohon kelapa dan mangga, banyak juga dihuni burung bangau.

4. Pulau Simamora

Pulau Simamora terlihat seperti gundukan tanah dan bebatuan, tetapi terlihat memesona dari kejauhan. Pulau ini masuk ke dalam Kabupaten Humbaang Hasundutan.

Belum ada penghuni di Pulau Simamora. Namun, berkemah di area pulau ini dapat menjadi kegiatan yang menarik.

 5. Pulau Tulas

Pulau Tulas terletak di Desa Siboro, Kecamatan Sianjur Mula-mula, Kabupaten Samosir. Pulau ini terletak tepat berada di kaki Gunung Pusuk Buhit.

Pulau ini sangat cantik terlihat dari Desa Siboro dan Bukit Burung. Pulau ini memiliki keindahan yang belum terjamah, bahkan Tidak ada penduduk tinggal di sini.

6. Pulau Tolping

Pulau Tolping terletak di Desa Tolping, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir. Pulau ini menjadi salah satu tempat camping di Danau Toba yang memiliki hal unik tersendiri.

Pulau ini tidak ditinggali manusia dan hanya berupa hamparan hijau dari tanaman di atasnya. Sebagai tempat kemah, tempatnya asri dan pastinya menarik.

7. Pulau Sirukkongon

Pulau Sirukkungon terletak di Ajibata, Kabupaten Toba. Pulau ini terlalu kecil dan kurang memberi daya tarik.

Namun, setelah beberapa waktu terakhir, daya tarik pulau ini makin tinggi karena banyak orang penasaran. Keunggulannya, posisi pulau ini paling dekat dengan dataran pinggir Danau Toba.

 8. Pulau Sitakke-takke

Pulau di wilayah Kabupaten Humbang Hasundutan ini bisa dikatakan kecil bahkan masih begitu asri dan alami, belum tersentuh infrastruktur sama sekali. Hal ini membuat Pulau Sitakke-Take semakin memikat hati.

9. Pulau Hole

Salah satu tempat terkenal untuk kemah adalah area Pulau Hole, masuk dalam wilayah Kabupaten Simalungun. Kendaraan tidak dapat akses langsung ke area kemah dan Anda harus bawa barang secara manual.

Meski begitu, Pulau Hole tergolong aman untuk berkemah kemah. Pulau kecil ini bejarak 190 meter dari tepi danau.

Itulah nama dan sedikit keterangan tentang sembilan pulau yang ada di Danau Toba. Jadi, tidak hanya Pulau Samosir. Semoga bermanfaat. red/t

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.