Pesta Budaya dan Peresmian Tugu Limbong Mulana Meriah

Samosir, Kehadiran Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom dan Anggota DPR RI yang juga Ketum PSBI, Effendi Muara Sakti Simbolon pada Horja Bolon/Pesta Budaya Peresmian Tugu Limbong Mulana disambut dengan Tarian Batak di Huta Limbong Desa Sarimarrihit Kecamatan Sianjur Mulamula, (06/07).

Turut hadir mendampingi, Staf Ahli Bupati, Hut Isasar Simbolon, Asisten III, Waston Simbolon, Kepala Dinas Kominfo, Immanuel Sitanggang, Camat Sianjur Mulamula, Wakapolres Samosir S.T. Panggabean, Pabung TNI G. Sebayang, Pengurus PSBI Pusat, Pengurus PSBI Wilayah Samosir dan Pomparan marga Limbong dari perwakilan masing-masing daerah se-Indonesia.

Peresmian Tugu ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti oleh Ketua PPLMI Bernhard Limbong. Bupati Samosir yang hadir Bersama Ketum PSBI menyaksikan rangkaian acara penyerahan ulos soraburuk (sebidang tanah) kepada marga Simbolon yang diterima Ketum PSBI sebagai Boru dari Marga Limbong dan sekaligus ikut menginjakkan kaki ditanah yang diberikan. Acara Horja Bolon atau Pesta Budaya Parsadaan Pomparan Limbong Mulana Indonesia (LPPMI) diadakan mulai tanggal 04 sd 07 Juli 2023.

Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom mengapresiasi serta menyambut baik pelaksanaan pesta Tugu Limbong Mulana di Kabupaten Samosir sebagai suatu upaya pelestarian budaya. “Atas nama Pemerintah Kabupaten Samosir, saya mengucapkan selamat dan sukses kepada seluruh Pomparan Limbong Mulana, semoga melalui pesta ini terjalin kekeluargaan dan semakin bersatu” kata Vandiko.

Bupati Samosir menyampaikan ucapan terima kasih kepada Parsadaan Pomparan Marga Limbong yang sudah memberikan ulos. Menurutnya, ulos tersebut akan menjadi berkat, penambah semangat dalam memimpin di Kabupaten Samosir. Dengan adanya berbagai pesta adat seperti halnya peresmian Tugu Limbong Mulana ini, akan semakin meningkatkan rasa cinta terhadap budaya serta meningkatkan pendapatan masyarakat pasca pandemi, tutup Bupati.

Ketum PSBI yang juga Anggota DPR RI, Effendi Muara Sakti Simbolon mengaku bangga dan haru dengan terlaksananya pesta Tugu Limbong Mulana. Sebagai Boru, Efendi meminta berkat kepada Pomparan marga Limbong. “ada suka cita, saling mengasihi dan kasih melalui pesta ini” ucap Effendi.

Ketua PPLMI, Bernhard Limbong mengatakan, Pembangunan Tugu tersebut sudah lama dinanti-nantikan dan sekarang baru tercapai. “Marga Limbong merupakan salah satu marga tertua dalam suku Batak Toba dan baru pertama kali melaksanakan pesta tugu” kata Bernhard. Diharapkan Tugu Limbong Mulana dapat sebagai pemersatu semua marga Limbong di Indonesia dan dunia.

Pesta Parsadaan Pomparan Limbong Mulana Se-Indonesia dan peresmian tugu dilaksanakan selama dua hari 6-72023 di Limbong, Desa Sarimarihit Kecamatan Sianjur Mulamula.

Informasi dihimpun media, upeta Budaya ini diperkirakan dihadiri 8.377 orang dari dalam dan luar Kabupaten Samosir. Ini menjadi pengaruh besar bagi kepariwisataan kita dan menjadi salah satu upaya pelestarian budaya sehingga menjalin kekeluargaan marga semakin erat. (rel/tag/t)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.