Festival Orang-orangan Sawah Tingkatkan Ekonomi UMKM

Simalungun, Festival Orang-orangan Sawah di kampung wisata The Village Desa Silulu dalam rangka HUT ke-78 Kemerdekaan RI cukup meriah.

Acara yang digagas Togu Simorangkir diadakan di kampung wisata The Village Desa Silulu, Kecamatan Gunung Malela, Kabupaten Simalungun.

Festival Orang-orangan Sawah ini merupakan festival yang ketiga kalinya. Sebelumnya diadakan festival pertama yakni kuliner keong sawah, kemudian festival kedua anak berani kotor, dengan melibatkan beberapa para pelaku UMKM.

Festival Orang-orangan Sawah di kampung wisata The Village Desa Silulu/ist
"Festival pertama kebetulan pada hari libur sekolah, bisa menghasilkan penjualan dengan uang yang beredar hampir Rp 25 juta dan kemudian pada festival kedua menghasilkan Rp 24 juta. Harapan kita bagaimana agar para UMKM bisa naik kelas," kata Togu Simorangkir, Sabtu (19/8/2023) yang didukung vipvoucher.id.

Togu Simorangkir selaku pengelola kampung wisata The Village yang juga dikenal aktivis lingkungan mengatakan, Festival Orang-orangan Sawah ini melibatkan para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang tujuannya meningkatkan, menaikkan kelas ekonomi para UMKM, khususnya di Kota Pematang Siantar dan Kabupaten Simalungun.

"Festival sebelumnya pesertanya ada yang dari Padang Sidempuan dan Kota Medan. Kali ini kita fokuskan para UMKM yang berasal dari Siantar-Simalungun, yang diikuti 8 UMKM," ujarnya.

Warga Silulu Menerima Festival Orang-orangan Sawah /ist
 Togu Simorangkir menjelaskan, Festival Orang-orangan Sawah ini dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI tahun ini, pihaknya menggandeng beberapa UMKM dan masyrakat silulu untuk menyemarakkan Festival Orang-orangan Sawah.

Berbagai yang menarik seperti perlombaan membuat orang-orangan sawah, perlombaan sarat-sarat, memasak keong sawah, jalan meniti bambu, tarik tambang lumpur, tangkap lele serta pameran UMKM. Jadi sebenarnya konteksnya hari kemerdekaan, semuanya kita bergembira dengan memberikan dan menyediakan banyak hadiah," ujarnya.

"VIP Voucher sebagai platform online travel sebagai penyedia jasa tiket, hotel, akomodasi, paket wisata dan lainnya berharap pengunjung The Village senang dan mengikuti lomba dengan bahagia karena ini adalah satu momen sekaligus untuk merayakan kemerdekaan Republik Indonesia ke 78 Tahun.

"Pada Festival Orang-orangan Sawah ini, VIP Voucher menyediakan hadiah paket wisata 2 hari 1 malam untuk 2 pemenang dan hadiah barang seperti earphone wireless, power bank, speaker bluetooth, voucher berupa poin," ucap Herbert simamora selaku perwakilan Vipvoucher yang turut hadir dikegiatan tersebut. (rel/tama/t)



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.